Sabtu, 26 Oktober 2013

TESTIMONI UTS ONLINE - KREATIVITAS -

Ini adalah pengalaman UTS Online pertama kali yang saya pernah lakukan dan ini benar - benar memberikan kesan tersendiri bagi saya. Ada perasaan cemas (ketika belum mendapat respon atas jawaban yang saya sudah kirim ) dan ada perasaan senang ( mendapat feedback).Proses demi proses saya ikuti sampai saya mendapat Skor atas hasil kerja saya. Proses yang saya lakukan dalam UTS Online sesuai dengan teori proses kreatif menurut Wallas. Proses yang pertama saya lakukan adalah persiapan ( saya mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah soal no 1,2,dan 3 dengan mencari jawaban di buku kemudian menganalisanya, proses kedua yang saya lakukan adalah Inkubasi ( tahap dimana saya melupakan sejenak masalah soal-soal dengan melakukan aktivitas lain seperti bermain games,makan,ngobrol bareng teman,ngerjain tugas yang lain,dll), proses ketiga Iiluminasi (muncul insight untuk mengatasi masalah soal UTS) dan yang terakhir adalah Verifikasi ( tahap evaluasi dimana semua jawaban yang saya kerjakan di evaluasi oleh Ibu dan diberikanFeedback berupa skor ).

Empat proses yang disebutkan Wallas tersebut sangat sesuai dengan Metode UTS Online yang kita lakukan, proses demi prosesnya dapat saya rasakan terjadi ketika saya menjawab setiap soal yang ibu berikan. Proses ini juga didukung oleh kondisi eksternal yang mendorong perilaku kreatif kami, dimana ada yang disebut kebebasan psikologis. Disni ibu memberikan kesempatan kepada kami untuk bebas mengekspresikan pikiran-pikiran kami mengenai soal-soal yang ibu berikan.

Dari pengalaman UTS Online ini juga saya merasa bahwa Ibu memberikan program belajar yang bergelar ( Ciri guru anak berbakat dalam Munandar 103 ) dimana ibu melaksanakan setiap programnya untuk UTS ini. Salah satunya seperti kemampuan untuk mengembangkan pemecahan masalah secara kreatif. UTS Online merupakan suatu program yang bagus untuk mengembangkan pemikiran kreatif anak dalam menghadapi masalah dan anak dapat melakukan teori proses yang disampaikan wallas dengan baik karena waktu yang diberikan untuk UTS Online ini juga lumayan lama (1 soal waktunya maks 24 jam).

Selain itu ada juga peran masyarakat tentunya . Dalam hal ini Pihak Kampus yang menyediakan “wify” untuk memudahkan mahasiswa khususnya saya dalam melaksanakan UTS Online .
https://mail.google.com/mail/u/0/images/cleardot.gif

                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar