Rabu, 25 Juni 2014

Review Hasil Presentasi Kelompok 6


Proses pembelajaran hari pertama dimulai dengan perkenalan, mengadakan games yang berjudul “siapakah aku?”. Peserta didik sangat antusias dalam merespon games tersebut. Bagian inti, membentuk plastisin sesuai dengan kreativitas anak. Peserta didik tampak aktif dalam membentuk plastisin. Bagian penutup, penjelasan mengenai pembelajaran yang dilakukan dan pemberian reward. Kelompok menjalankan perannya masing-masing dengan baik, namun dalam hal waktu kurang termanajemen dengan baik.

Hari kedua proses pembelajaran dimulai dengan menyapa peserta didik kemudian bernyanyi “lulalulali”. Bagian inti dimulai dengan menonton video “Belajar Binatang Laut”, pada sesi ini peserta didik sangat bersemangat menjawab pertanyaan dari pengajar, anak berlomba untuk menjadi orang pertama yang ditunjuk untuk menjawab. Selanjutnya menyusun puzzle, pengajar membagi peserta didik ke dalam dua kelompok. Proses pengerjaannya sebanyak 2 kali (bergantian dengan puzzle kelompok lain). Bagian penutup diisi dengan penyampaian kesan peserta didik selama proses pembelajaran, pemberian bingkisan, foto bersama, dan ucapan terimakasih dari para-pengajar. Prinsip pedagogi yang kelompok gunakan pada proses pembelajaran ini adalah mengkombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan, penghormatan terhadap kepribadian siswa. Kelompok berusaha untuk menghormati keunikan setiap peserta didik dalam proses belajarnya. Karakter dan latar belakang pendidikan yang berbeda membuat kami memberikan perlakuan yang berbeda satu sama lain (sesuai kepribadian anak).

Tidak semua konsep pembelajaran yang dirancang kelompok terlaksana. Pada hari pertama waktu yang ditentukan 60 menit namun pada prosesnya waktu yang digunakan lebih dari 60 menit. Proses pembuatan plastisin terlalu lama sehingga waktu untuk bernyanyi sebelum pulang ditiadakan karena waktu sudah lewat dan hari sudah gelap. Di hari kedua prosesnya sedikit terganggu karena jumlah peserta didik yang bertambah satu orang. Hal ini menyebabkan anak tersebut pulang lebih dahulu sebelum pembelajaran selesai dan ini membuat prosesnya sedikit terganggu khususnya ketika pengerjaan puzzle yang menggunakan pembagian kelompok.
Evaluasi dan masukan :
1.      Slide inovatif
2.      Penyampaian jelas dan menarik
3.   Tata tulis masih ada yang kurang tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar