Rabu, 25 Juni 2014

Testimoni


Selama mengikuti matakuliah pedagogi dalam semester ini ada banyak hal yang saya alami dan rasakan. Pada awalnya saya merasakan suasana yang berbeda karena kondisi kelas yang terdiri dari beberapa angkatan yang angkatannya tersebut merupakan senior saya. Tentu dalam proses belajar yang berlangsung saya merasa enggan untuk mengungkapkan pendapat namun dosen pengampu mampu memecahkan benteng segan tersebut dengan menciptakan ide-ide agar kelas tidak memiliki rasa segan satu sama lain dan dalam prosesnya saya merasa nyaman dengan kakak/abang senior tersebut. Dosen pengampu juga memberikan dorongan kepada mahasiswa/I kelas pedagogi agar berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kelas pedagogi yang saya ikuti memberikan pengetahuan baru buat saya. Tugas-tugas yang dosen berikan juga semakin memantapkan pengetahuan saya mengenai pedagogi. Tugas lapangan mengenai pelaksanaan proses pembelajaran pedagogi misalnya, dalam proses perancangan kegiatan sampai pelaksanaan kegiatan pembelajaran saya mendapat pengetahuan bahwa menjadi seorang guru atau menjadi seorang pedagog bukanlah hal yang mudah, bukanlah hal yang hanya sekedar menyampaikan materi pembelajaran namun ada banyak aspek lain yang juga harus dipahami. Teman kelompok saya Esther, Muhammad Anggi, dan Santha juga membantu saya dalam proses pemahaman dan pelaksanaan tugas pembelajaran yang dilakukan dan kami sama-sama belajar dan saling mengingatkan dalam proses pengerjaan tugas yang dieberikan sehingga kami bisa semakin mengenal karakter masing-masing teman sekelompok (merupakan proses pembelajaran juga). Selain itu, tugas wawancara guru yang diberikan juga memberikan pengetahuan baru buat saya mengenai pengalaman guru dalam mengajar peserta didik, kesulitan-kesulitan yang guru alami, motivasi yang dimiliki guru, pandangannya terhadap pendidikan, dll. Terakhir, terimakasih untuk setiap koreksi dari dosen pengampu dalam setiap proses belajar yang berlangsung. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar