
Seorang anak yang ikut dalam
pendidikan ini akan dibantu dalam proses pengembangan pola pikirnya, keterampilan-keterampilan
motorik,berbahasa,kognitif ,kemampuan-kemampuan yang anak miliki dll
jelas ,,,, bahwa lahirnya pendidikan ini membawa dampak positif untuk perkembangan kemampuan dan keterampilan anak.
jelas ,,,, bahwa lahirnya pendidikan ini membawa dampak positif untuk perkembangan kemampuan dan keterampilan anak.
Seiring dengan perkembangan
Zaman dan teknologi Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) pun berkembang, baik itu
dalam keberadaannya ditengah – tengah masyarakat maupun pemograman pembelajaran
yang disediaakan terhadap anak – anak yang menjadi sasaran dari tujuan
Pendidikan Anak Usia Dini ini.
Peraturan yang diberikan sangat ketat sehingga
dapat berpengaruh terhadap pembentukan
emosi si anak. Contoh : anak yang dilarang ketika berkomunikasi,dan dipaksakan diam di ruangan kelas.ini merupakan suatu hal
yang salah sebab pada masa ini seorang anak memang pada masa aktif-aktifnya
melakukan sesuatu. jadi anak merasa terkekang dan tidak bisa mengapreasikan
dirinya.
Contoh lain adalah seorang
anak pada usia dini yang disuruh mewarnai dengan rapi sesuai dengan pola yang disediakan.itu
merupakan suatu tekanan buat anak dimana dia dipaksakan melakukan sesuatu hal
yang pada perkembangannya sebenarnya dia belum mampu melakukan hal itu.
Jadi untuk menghindari hal –
hal demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :
· Lembaga yang menyediakan harus sesuaikan
materi yang diberikan dengan kemampuan anak.
Dari
kasus ini saya melihat ada beberapa PAUD yang memaksakan hal untuk dilakukan
seorang anak seperti yang telah saya sebutkan di atas, padahal hal itu belum mampu ia kerjakan dalam kondisi
perkembangannya saat itu.jadi program yang diberikan harus sesuai dengan
perkembangan dan kemampuan anak didiknya sehingga keterampilan motorik yang
dimiliki anak bisa berkembang sesuai dengan fase perkembangannya.
·
Seimbangkan waktu belajar dengan bermain
Seperti
seorang anak yang berebut mainan dengan anak lainnya. Disini anak akan sadar
bahwa ada persaingan dalam mendapatkan sesuatu.
·
Ketika anak melakukan sesuatu jangan berikan
label negative
Pembimbing
harus memahi perlakuan dan apa yang dilakukan anak ketika melakukan sesuatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar