Jumat, 19 April 2013

Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )

Pendidikan Anak Usia Dini atau sering dikenal dengan sebutan PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan Jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut.Adapun tujuan pendidikan ini adalah untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat dimana anak berada.


Seorang anak yang ikut dalam pendidikan ini akan dibantu dalam proses pengembangan pola pikirnya, keterampilan-keterampilan motorik,berbahasa,kognitif ,kemampuan-kemampuan yang anak miliki dll
jelas ,,,, bahwa lahirnya pendidikan ini membawa dampak positif untuk perkembangan kemampuan dan keterampilan anak.

Pada zaman saya dulu PAUD belum begitu berkembang dalam keberadaan dan proses pemogramannya. Keberadaan PAUD dulunya sangat minim sehingga banyak orangtua yang memilih untuk tidak memasukkan anaknya ke Pendidikan Anak Usia dini ini.Pemograman PAUD di tahun - tahun sebelumnya masih sederhana. Kegiatannya seperti : Melipat kertas dalam beberapa bentuk mainan ( sampan, baju, pesawat, dll ) belajar mengenal huruf, angka ,hewan, dll.

Seiring dengan perkembangan Zaman dan teknologi Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) pun berkembang, baik itu dalam keberadaannya ditengah – tengah masyarakat maupun pemograman pembelajaran yang disediaakan terhadap anak – anak yang menjadi sasaran dari tujuan Pendidikan Anak Usia Dini ini.
Pemograman Pembelajaran yang disediakanpun juga berkembang dari sebelumnya , seperti : anak – anak sudah diperkenalkan kepada penggunaan Internet, perkenalan terhadap alat-alat elektronika seperti laptop,komputer,Handphone dll.

Peraturan yang diberikan sangat ketat sehingga dapat  berpengaruh terhadap pembentukan emosi si anak. Contoh : anak yang dilarang ketika berkomunikasi,dan dipaksakan  diam di ruangan kelas.ini merupakan suatu hal yang salah sebab pada masa ini seorang anak memang pada masa aktif-aktifnya melakukan sesuatu. jadi anak merasa terkekang dan tidak bisa mengapreasikan dirinya.

Contoh lain adalah seorang anak pada usia dini yang disuruh mewarnai dengan rapi sesuai dengan pola yang disediakan.itu merupakan suatu tekanan buat anak dimana dia dipaksakan melakukan sesuatu hal yang pada perkembangannya sebenarnya dia belum mampu melakukan hal itu.

Jadi untuk menghindari hal – hal demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :


·   Lembaga yang menyediakan harus sesuaikan materi yang diberikan dengan kemampuan anak.

Dari kasus ini saya melihat ada beberapa PAUD yang memaksakan hal untuk dilakukan seorang anak seperti yang telah saya sebutkan di atas, padahal hal itu belum mampu ia kerjakan dalam kondisi perkembangannya saat itu.jadi program yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak didiknya sehingga keterampilan motorik yang dimiliki anak bisa berkembang sesuai dengan fase perkembangannya.

·        Seimbangkan waktu belajar dengan bermain


Pada masa ini anak biasanya lebih gemar bermain. Sehingga guru juga harus lebih kretaif dalam menyampaikan pelajaran. Contohnya menyampaikannya dengan cara bermain sehingga dengan bermain anak bisa mengerti arti kerjasama antaranak,bertanggungjawab, jiwa pemimpin dan sadar bahwa hidup ini tidak selalu seperti apa yang anak inginkan (persaingan yang menyebabkan adanya yang kalah dan yang menang)
Seperti seorang anak yang berebut mainan dengan anak lainnya. Disini anak akan sadar bahwa ada persaingan dalam mendapatkan sesuatu.

·        Ketika anak melakukan sesuatu jangan berikan label negative


Pembimbing harus memahi perlakuan dan apa yang dilakukan anak ketika melakukan sesuatu.
Contohnya : ketika menggambar seorang anak hanya menggambar sesuatu yang tidak jelas. Pembimbing harus mampu memberikan pujian dan jangan memberikan label negative seperti : ya ampun    ! gambar kamu jelek . biasakan pembimbing menggunakan kata-kata positif untuk memotivasi anak agar lebih mampu mengembangkan kemampuan yang dia miliki.



Jadi dapat disimpulkan perkembangan PAUD sekarang ini sangat membantu anak dalam persiapan menuju sekolah dasar agar anak mempunyai bekal dalam  melanjutkan studinya ke jenjang selanjutnya dan mempunyai bekal dalam menananggapi lingkungan sekitarnya karena selain mendapatkan pengetahuan melalui program pembelajaraan yang diberikan , anak juga ditanamakan sikap berani dalam bentuk ikut serta di setiap perlombaan seperti lomba tari, melukis ,dll .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar