Pendidikan Anak Usia Dini
atau sering dikenal dengan sebutan PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang
ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan Jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan
lebih lanjut.Adapun tujuan pendidikan ini adalah untuk mengembangkan berbagai
potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan
diri dengan lingkungan tempat dimana anak berada.
Seorang anak yang ikut dalam
pendidikan ini akan dibantu dalam proses pengembangan pola pikirnya, keterampilan-keterampilan
motorik,berbahasa,kognitif ,kemampuan-kemampuan yang anak miliki dll
jelas ,,,, bahwa lahirnya pendidikan ini membawa dampak positif untuk perkembangan kemampuan dan keterampilan anak.
jelas ,,,, bahwa lahirnya pendidikan ini membawa dampak positif untuk perkembangan kemampuan dan keterampilan anak.
Pada zaman saya dulu PAUD
belum begitu berkembang dalam keberadaan dan proses pemogramannya. Keberadaan
PAUD dulunya sangat minim sehingga banyak orangtua yang memilih untuk tidak
memasukkan anaknya ke Pendidikan Anak Usia dini ini.Pemograman PAUD di tahun -
tahun sebelumnya masih sederhana. Kegiatannya seperti : Melipat kertas dalam
beberapa bentuk mainan ( sampan, baju, pesawat, dll ) belajar mengenal huruf,
angka ,hewan, dll.
Seiring dengan perkembangan
Zaman dan teknologi Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) pun berkembang, baik itu
dalam keberadaannya ditengah – tengah masyarakat maupun pemograman pembelajaran
yang disediaakan terhadap anak – anak yang menjadi sasaran dari tujuan
Pendidikan Anak Usia Dini ini.
Pemograman Pembelajaran yang
disediakanpun juga berkembang dari sebelumnya , seperti : anak – anak sudah
diperkenalkan kepada penggunaan Internet, perkenalan terhadap alat-alat elektronika
seperti laptop,komputer,Handphone dll.
Peraturan yang diberikan sangat ketat sehingga
dapat berpengaruh terhadap pembentukan
emosi si anak. Contoh : anak yang dilarang ketika berkomunikasi,dan dipaksakan diam di ruangan kelas.ini merupakan suatu hal
yang salah sebab pada masa ini seorang anak memang pada masa aktif-aktifnya
melakukan sesuatu. jadi anak merasa terkekang dan tidak bisa mengapreasikan
dirinya.
Contoh lain adalah seorang
anak pada usia dini yang disuruh mewarnai dengan rapi sesuai dengan pola yang disediakan.itu
merupakan suatu tekanan buat anak dimana dia dipaksakan melakukan sesuatu hal
yang pada perkembangannya sebenarnya dia belum mampu melakukan hal itu.
Jadi untuk menghindari hal –
hal demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :
· Lembaga yang menyediakan harus sesuaikan
materi yang diberikan dengan kemampuan anak.
Dari
kasus ini saya melihat ada beberapa PAUD yang memaksakan hal untuk dilakukan
seorang anak seperti yang telah saya sebutkan di atas, padahal hal itu belum mampu ia kerjakan dalam kondisi
perkembangannya saat itu.jadi program yang diberikan harus sesuai dengan
perkembangan dan kemampuan anak didiknya sehingga keterampilan motorik yang
dimiliki anak bisa berkembang sesuai dengan fase perkembangannya.
·
Seimbangkan waktu belajar dengan bermain
Pada
masa ini anak biasanya lebih gemar bermain. Sehingga guru juga harus lebih
kretaif dalam menyampaikan pelajaran. Contohnya menyampaikannya dengan cara
bermain sehingga dengan bermain anak bisa mengerti arti kerjasama antaranak,bertanggungjawab,
jiwa pemimpin dan sadar bahwa hidup ini tidak selalu seperti apa yang anak
inginkan (persaingan yang menyebabkan adanya yang kalah dan yang menang)
Seperti
seorang anak yang berebut mainan dengan anak lainnya. Disini anak akan sadar
bahwa ada persaingan dalam mendapatkan sesuatu.
·
Ketika anak melakukan sesuatu jangan berikan
label negative
Pembimbing
harus memahi perlakuan dan apa yang dilakukan anak ketika melakukan sesuatu.
Contohnya
: ketika menggambar seorang anak hanya menggambar sesuatu yang tidak jelas.
Pembimbing harus mampu memberikan pujian dan jangan memberikan label negative
seperti : ya ampun ! gambar kamu jelek
. biasakan pembimbing menggunakan kata-kata positif untuk memotivasi anak agar
lebih mampu mengembangkan kemampuan yang dia miliki.
Jadi
dapat disimpulkan perkembangan PAUD sekarang ini sangat membantu anak dalam
persiapan menuju sekolah dasar agar anak mempunyai bekal dalam melanjutkan studinya ke jenjang selanjutnya
dan mempunyai bekal dalam menananggapi lingkungan sekitarnya karena selain mendapatkan pengetahuan melalui program pembelajaraan yang diberikan , anak juga ditanamakan sikap berani dalam bentuk ikut serta di setiap perlombaan seperti lomba tari, melukis ,dll .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar