Senin, 16 September 2013

Kreasi Sederhana Saya :)


Kamis, 12 september 2013 pukul 8:15 kelas kreativitas dimulai, Ibu Dina adalah dosen pengampu matakuliah kreativitas..

Sambutan “ Selamat pagi dari Ibu Dina ” menjadi awal pembelajaran kelas kreativitas kemarin.  Kemudian beliau memberikan instruksi bahawa mahasiswa/i diwajibkan untuk duduk berkelang satu kursi dengan teman disebelanya, kami menjalankannya kemudian menunjukkan respon tegang karena mengganggap bahwa akan ada Quiz. Kemudian ibu Dina tersenyum dan berkata “ tenang aja,santai, kita nggak quis, gitu aja langsung tegang” . Mendengar itu kami rileks dan mulai tenang.Kemudian beliau mengeluarkan brosur lintas USU sebanyak dua lembar ke masing – masing mahasiswa/i , kertas kecil berwarna cokelat, kertas tisu,kertas jeruk dan plastik yang dilem. Kami kembali bingung, untuk apa ini “pikir ku ” .

Setelah semua mahasiswa/i kelas kreativitas mendapat semua bahan/stimulus, Ibu Dina memberikan instruksi bahwa setiap mahasiswa/i kelas kreativitas wajib membuat sebuah kreasi dari bahan – bahan yang telah diberikan,apapun itu dengan waktu ± 40 menit.
Awalnya saya bingung mau buat apa, disamping itu  bahan dan waktu yang disediakan juga sangat terbatas, tapi saya terus berpikir dan berusaha untuk menjadikan bahan yang ada menjadi sebuah kreasi yang tentunya bermanfaat buat orang lain. Setelah 25 menit waktu terlewati saya pun menyelesaikan kreasi sederhana saya, berikut hasilnya :


Ini adalah sebuah Brosur yang disertai kotak saran atau pendapat mengenai fasilitas baru “ LINTAS USU” .

Sehubungan dengan adanya teori – teori yang telah kami pelajari mengenai topik kemarin                      ( kreativitas ) yaitu teori 4P ( Personality, Process, Press, Product  ). Saya akan menjelaskan hasil kreasi saya ( gambar di atas ) bedasarkan definisi kreativitas 4P :

·         Definisi Personality ( Pribadi )

Dari hasil kreasi saya, yang menjadi definisi personality adalah Pribadi saya sendiri ( kekhasan dan keunikan saya ) untuk membuat bahan – bahan yang ada menjadi sebuah kreasi.

·        Definisi Process

Dari  hasil kreasi saya, yang menjadi definisi Process adalah seluruh proses yang saya lakukan dalam menghubungkan bahan – bahan yang ada ( menemukan masalah ) hingga sampai dengan menyampaikan hasil.

·        Definisi Press ( dorongan )

Dari hasil kreasi saya, yang menjadi definisi Press adalah dorongan internal saya sendiri berupa hasrat dan kemauan untuk mencipta dan bersibuk diri untuk menyelesaikan kreasi di atas kemudian adanya dorongan eksternal berupa kesempatan yang diberikan dosen dengan waktu yang telah disediakan.

·        Definisi Product

Dari hasil kreasi saya , yang menjadi definisi Product adalah hasil dari yang sudah saya kerjakan ( gambar di atas ), sesuatu yang baru. Yaitu sebuah iklan yang terdiri dari beberapa unsur – unsur terpisah yang kemudian saya kelompokkan menjadi satu kesatuan yang dapat berguna sebagai sebuah informasi baru untuk oranglain yang melihat dan membacanya.

MAKNA

Maknanya adalah saya bisa menjadi lebih paham apa itu kreativitas, saya menjadi tau bahwa sebenarnya setiap orang mempunyai kreativitas( tingkatannya saja yang menjadi pembeda ), terlahir menjadi seorang yang kreatif. Dari yang sudah saya kerjakan, gambar di atas merupakan hasil dari kreativitas saya, saya mampu menghubungkan informasi – informasi yang berbeda ( bahan – bahan yang diberikan ibu Dina ) menjadi SEBUAH informasi baru.

TUJUAN

Tujuan saya membuat itu adalah saya ingin memberikan sebuah informasi sekaligus memperkenalkan kepada orang – orang baik mahasiswa/i USU maupun yang lain yang membaca dan melihat hasil kreasi saya yang berjudul “ Fasilitas Baru USU ‘LINTAS USU’ ” agar mengetahui bahwa di USU telah ada BUS yang difungsikan sebagai alat transfortasi untuk setiap mahasiswa USU, agar mereka lebih mudah  menjangkau fakultas masing – masing, perpustakaan ,dan gedung – gedung lainnya yang berada di area USU ,disamping lebih mudah, mahasiwa/i bisa lebih hemat karena tidak ada pemungutan biaya ( Ongkos ) yang diberatkan kepada mahasiswa, cukup tunjukan KTM maka mahasiswa/i boleh naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar