Kamis, 12 september 2013 pukul 8:15 kelas kreativitas
dimulai, Ibu Dina adalah dosen pengampu matakuliah kreativitas..
Sambutan “ Selamat pagi dari Ibu Dina ” menjadi awal
pembelajaran kelas kreativitas kemarin. Kemudian
beliau memberikan instruksi bahawa mahasiswa/i diwajibkan untuk duduk berkelang
satu kursi dengan teman disebelanya, kami menjalankannya kemudian menunjukkan
respon tegang karena mengganggap bahwa akan ada Quiz. Kemudian ibu Dina
tersenyum dan berkata “ tenang aja,santai, kita nggak quis, gitu aja langsung
tegang” . Mendengar itu kami rileks dan mulai tenang.Kemudian beliau
mengeluarkan brosur lintas USU sebanyak dua lembar ke masing – masing
mahasiswa/i , kertas kecil berwarna cokelat, kertas tisu,kertas jeruk dan
plastik yang dilem. Kami kembali bingung, untuk apa ini “pikir ku ” .
Setelah semua mahasiswa/i kelas kreativitas mendapat semua
bahan/stimulus, Ibu Dina memberikan instruksi bahwa setiap mahasiswa/i kelas
kreativitas wajib membuat sebuah kreasi dari bahan – bahan yang telah diberikan,apapun
itu dengan waktu ± 40 menit.
Awalnya saya bingung mau buat apa, disamping itu bahan dan waktu yang disediakan juga sangat
terbatas, tapi saya terus berpikir dan berusaha untuk menjadikan bahan yang ada
menjadi sebuah kreasi yang tentunya bermanfaat buat orang lain. Setelah 25
menit waktu terlewati saya pun menyelesaikan kreasi sederhana saya, berikut
hasilnya :
Ini adalah sebuah
Brosur yang disertai kotak saran atau pendapat mengenai fasilitas baru “ LINTAS
USU” .
Sehubungan dengan adanya teori – teori yang telah kami
pelajari mengenai topik kemarin ( kreativitas ) yaitu
teori 4P ( Personality, Process, Press, Product
). Saya akan menjelaskan hasil kreasi saya ( gambar di atas ) bedasarkan
definisi kreativitas 4P :
· Definisi Personality (
Pribadi )
Dari hasil kreasi saya, yang menjadi
definisi personality adalah Pribadi
saya sendiri ( kekhasan dan keunikan saya ) untuk membuat bahan – bahan yang
ada menjadi sebuah kreasi.
·
Definisi Process
Dari
hasil kreasi saya, yang menjadi definisi Process adalah seluruh proses yang saya lakukan dalam menghubungkan
bahan – bahan yang ada ( menemukan masalah ) hingga sampai dengan menyampaikan
hasil.
·
Definisi Press (
dorongan )
Dari hasil kreasi saya, yang menjadi
definisi Press adalah dorongan
internal saya sendiri berupa hasrat dan kemauan untuk mencipta dan bersibuk
diri untuk menyelesaikan kreasi di atas kemudian adanya dorongan eksternal
berupa kesempatan yang diberikan dosen dengan waktu yang telah disediakan.
·
Definisi Product
Dari hasil kreasi saya , yang menjadi
definisi Product adalah hasil dari yang sudah saya kerjakan (
gambar di atas ), sesuatu yang baru. Yaitu sebuah iklan yang terdiri dari
beberapa unsur – unsur terpisah yang kemudian saya kelompokkan menjadi satu
kesatuan yang dapat berguna sebagai sebuah informasi baru untuk oranglain yang
melihat dan membacanya.
MAKNA
Maknanya adalah saya bisa menjadi
lebih paham apa itu kreativitas, saya menjadi tau bahwa sebenarnya setiap orang
mempunyai kreativitas( tingkatannya saja yang menjadi pembeda ), terlahir
menjadi seorang yang kreatif. Dari yang sudah saya kerjakan, gambar di atas
merupakan hasil dari kreativitas saya, saya mampu menghubungkan informasi –
informasi yang berbeda ( bahan – bahan yang diberikan ibu Dina ) menjadi SEBUAH
informasi baru.
TUJUAN
Tujuan saya membuat itu adalah saya
ingin memberikan sebuah informasi sekaligus memperkenalkan kepada orang – orang
baik mahasiswa/i USU maupun yang lain yang membaca dan melihat hasil kreasi
saya yang berjudul “ Fasilitas Baru USU ‘LINTAS USU’ ” agar mengetahui bahwa di
USU telah ada BUS yang difungsikan sebagai alat transfortasi untuk setiap
mahasiswa USU, agar mereka lebih mudah
menjangkau fakultas masing – masing, perpustakaan ,dan gedung – gedung
lainnya yang berada di area USU ,disamping lebih mudah, mahasiwa/i bisa lebih
hemat karena tidak ada pemungutan biaya ( Ongkos ) yang diberatkan kepada
mahasiswa, cukup tunjukan KTM maka mahasiswa/i boleh naik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar